Cara Menggunakan Termometer Infrared Dengan Benar

Termometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur suhu, baik itu suhu badan, panas, dingin, kelembapan dan lain sebagainya. Ada banyak jenis termometer, salah satunya termometer infrared atau inframerah yang biasa digunakan untuk mengukur suhu tubuh.

Belakangan ini jenis termometer infrared banyak dicari karena adanya pandemi covid-19 yang mengharuskan suhu tubuh sering dicek karena salah satu gejala yang timbul akibat serangan virus ini yakni suhu tubuh yang melebihi batas normal.

Sebenarnya untuk mengukur suhu tubuh tidak hanya menggunakan jenis termometer gun namun karena dinilai lebih praktis dan cepat maka banyak yang lebih memilih jenis ini untuk digunakan, terutama di tempat-tempat umum seperti rumah sakit, kantor, swalayan, pasar dan lain sebagainya.

Cara Menggunakan Termometer Infrared Dengan Benar
Sumber Gambar : shutterstock.com

Bagi yang sebelumnya belum pernah bersentuhan dengan termometer inframerah bisa mengetahui beberapa hal dari termometer ini seperti tata cara menggunakannya dengan benar.

Cara Menggunakan Termometer Infrared

Untuk menggunakan termometer infrared model tembak sebenarnya tidaklah susah, namun yang perlu kalian tahu termometer ini dibedakan menjadi dua macam yakni untuk keperluan medis serta industri.

Lalu apa bedanya antara termometer tembak untuk medis dengan industri? ada beberapa perbedaan dari keduanya, diantaranya:

Yang pertama untuk termometer gun medis dirancang untuk mengukur suhu tubuh dengan kisaran 32 hingga 42,5 derajat celcius, sedangkan yang industri untuk mengukur suhu permukaan benda yang lebih luas seperti mesin, trafo dan lain sebagainya dengan kisaran -60 hingga lebih dari 500 derajat celcius.

Baca Juga : Macam Alat Ukur Beserta Fungsinya

Selanjutnya tingkat akurasinya juga berbeda, untuk keperluan medis termometer inframerah memiliki margin of error sekitar 0,1 derajat celcius, sedangkan untuk industri sekitar 1 hingga 1,5 derajat celcius.

Selain itu untuk desainnya sendiri termometer tembak untuk medis memiliki desain yang lebih mudah digunakan, untuk mengoperasikannya bisa dengan satu sentuhan, sedangkan untuk industri desainnya nampak lebih rumit dengan dilengkapi banyak tombol untuk mengoperasikannya.

Setelah mengetahui perbedaan antara termometer gun medis dan industri sekarang saatnya untuk mengetahui bagaimana cara menggunakan termometer infrared dengan benar agar suhu yang diperiksa bisa akurat.

  1. Pertama kalian harus mencari tombol untuk mengubah unit, di sini kalian bisa memilih skala suhu yang akan digunakan yakni celcius atau fahrenheit.
  2. Setelah memilih skala suhu lalu untuk melakukan pengecekan suhu bisa menyalakan laser dengan menekan tombol daya atau power.
  3. Arahkan termometer infrared ke arah objek yang akan di ukur suhunya, untuk suhu tubuh biasanya diarahkan ke dahi, jangan lupa menekan tombol powernya terlebih dahulu.
  4. Agar suhu objek yang diukur dapat akurat maka sebaiknya berdiri didekat objek atau pada posisi yang telah direkomendasikan.
  5. Untuk mengetahui hasil suhu yang diperiksa melalui layar maka tariklah pelatuk termometer tersebut.

Nah itulah tata cara menggunakan termometer gun untuk mengecek suhu tubuh, saat memeriksa sebaiknya tetap menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, sarung tangan dan lain sebagainya.

Jangan lupa mengganti baterai secara berkala karena semakin sering termometer infrared digunakan maka daya baterai akan semakin berkurang, hal tersebut bisa berpengaruh pada pembacaan suhunya.

Harga termo gun inframerah sendiri bervariasi tergantung fitur dan mereknya juga. Merek yang cukup banyak dicari karena dinilai bagus seperti omron, lotus, krisbow dan lainnya. Untuk mendapatkan bisa di apotik seperti kimia farma dan lain sebagainya, atau bisa juga secara online yang kini banyak dijual di market place.

Demikianlah informasi mengenai cara menggunakan termometer infrared, semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian yang ingin menggunakan jenis termometer ini untuk mengetahui suhu tubuh.

Leave a Comment